PENDEKATAN DAN PERSPEKTIF MANAJEMEN STRATEJIK PADA TOKO
BUKU GRAMEDIA
Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Dunia usaha di era globalisasi berkembang
dengan sangat pesat, setiap perusahaan saling berkompetisi untuk
menjadi perusahaan yang terbaik diantara perusahaan yang lain. Perkembangan teknologi yang sangat pesat
mendukung kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Dari teknologi yang ada,
setiap perusahaan dapat melakukan banyak hal untuk
memajukan pemasaran produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Pemasaran
pada saat ini tidak hanya mengedepankan hasil produk yang baik, tetapi juga
harga yang terjangkau oleh konsumen
dan cara penyampaian pemasaran produk yang baik dan juga cepat, sehingga pihak konsumen dapat memiliki
produk yang terkini.
Tak bisa dipungkiri bahwa distribusi merupakan
mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di
Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok
tanah air. Itulah sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan
toko buku yaitu dengan mendirikan anak perusahaan yaitu PT. Gramedia
Asri Media yang berorientasi pada pemasaran
produk berupa buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang
ada.
Dalam kasus ini, kelompok ini mengambil studi
kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk
dianalisis bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya.
1.2. Perumusan Masalah
Pendekatan dan perspektif manajemen
strategis apakah yang digunakan oleh Toko Buku
Gramedia?
Gambaran Umum Perusahaan
2.1. Profil Perusahaan
PT Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kelompok Kompas
Gramedia yang menyediakan jaringan toko
buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia.
Toko Buku Gramedia didirikan pada tanggal 02 Februari 1970 oleh
P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri KKG,
dengan misi turut serta menyebarkan produk pendidikan dan informasi, demi tercapainya cita-cita bersama
mencerdaskan kehidupan bangsa,
menuju masyarakat baru Indonesia yang berkehidupan Pancasila.
Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2,
yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta
Barat, Toko Buku Gramedia sampai tahun 2002 telah tumbuh dan berkembang menjadi 50 toko, yang tersebar dibeberapa kota utama di
Indonesia.Mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi, Toko Buku
Gramedia membentuk 'Gramedia Online'. Selain
menyediakan buku, toko-toko Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga,
dan lain-lain.
Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik
dalam maupun luar negeri. Dari kelompok
usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media
Komputindo, Gramedia Widya Sarana,
Bhuana Ilmu Populer, dan Gramedia Majalah, sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison
Wesley, dan lain-lain.
2.2. Ragam Produk dan Dukungan Pemasok
Semula pada saat berdiri Toko Buku Gramedia
hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam
produknya sudah semakin berkembang, antara lain: stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk
berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video
book, dan berbagai produk lain.
Pemasaran produk tersebut, didukung ratusan
penerbit dan pemasok dalam dan luar negeri, termasuk didalamnya
beberapa penerbit intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya
Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit
Gramedia Majalah.
2.3. Departemen Impor
Departemen Impor bertugas khusus untuk
mengelola dan mengembangkan jalinan kerja
sama dengan penerbit luar negeri yang kini berjumlah lebih dari 250 penerbit. Penerbit luar negeri yang aktif menjalin kerja sama:
· Amerika Serikat: Simon
& Schuster, Prentice
Hall, McGraw Hill,
Maxwell Macmillan,
Addison Wesley, John Wiley, Harper Collins, Bantam, Random House, Baker & Taylor, dan lain-lain.
· Eropa: Penguin, Cambridge, Oxford, Elsevier,
Grossohaus, Hachette, Longman, MacMillan UK, dan lain-lain.
·
Asia: Kondasha, Japan Publication, Toppan,
Canfonian, Asiapac, UBSPD, S. Chand, S.S.
Mubaruk, Pan Pacific, Mighty Mind, Federal Publication, dan lain-lain.
Identifikasi dan
Pembahasan
3.1.1.
Industrial Organization Theory
Berdasarkan Teori bahwa perpektif I/O
didasari 4 asumsi
1.
Lingkungan External
Jaringan Toko Buku
Gramedia hanya menjangkau
kota-kota besar, belum menjangkau
kota kota kecil. Harga buku impor tergantung kurs dolar.
2.
Kompetisi dalam industri yang sama
Harga buku relatif mahal dibandingkan dengan
toko buku diskon misalnya Togamas.
3.
Sumber Daya
Toko Buku Gramedia kurang menyediakan tempat
baca yang nyaman.
4.
Decision Maker
Hanya menjual buku dengan merek ternama dan
terbitan tahun yang terbaru
3.1.2.
Resource Based View
1. Kapital
Fisik
·
Menjual barang-barang selain buku.
·
Memiliki koleksi buku yang lengkap.
·
Memiliki toko yang luas dan nyaman
dan bekerja sama
dengan pusat perbelanjaan.
·
Memiliki fasilitas pemesanan buku secara
online.
2. Kapital SDM
·
Pelayanan yang ramah dari karyawanan.
·
Pelayanan pemesanan dan pengiriman buku
lebih cepat.
3.
Kapital Organisasi
·
Memiliki struktur organisasi yang
terstruktur dan sistematis.
· Mengelola dan mengembangkan jalinan kerja sama dengan
penerbit dalam dan luar negeri.
·
Memiliki beberapa anak perusahaan.
3.1.3.
Dynamic Capabilities View
1. Toko
Buku Gramedia membangun
jaringan toko buku
di kota-kota kecil diseluruh
Indonesia untuk menjangkau seluruh masyarakat.
2.
Lebih banyak menawarkan diskon dan “Happy
Hour” untuk meningkatkan omset penjualan.
3.
Meningkatkan kualitas pelayanan dengan cepat
dan tanggap terhadap keluhan konsumen.
4. Lebih banyak menyediakan buku-buku dari
penerbit dalam negeri agar lebih meningkatkan
kegemaran menulis dan membaca pada masyarkat.
5.
Menyediakan tempat baca yang aman.
6.
Mengadakan event book fair secara berkala.
7. Mengembangkan bisnisnya dengan menjual barang
elektronik, komputer, laptop, dan
sebagainya.
8.
Meningkatkan
pelayanan pemesanan buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah
kecil di Indonesia.
Kesimpulan
Berdasarkan identifikasi 3 teori diatas maka,
kami dapat menyimpulkan bahwa :
1. PT Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan
Kelompok Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan
toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota
2. Toko Buku Gramedia merupakan salah satu toko
buku terbesar di Indonesia. Untuk dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia,
Toko Buku Gramedia menyediakan fasilitas pembelian buku secara online
melaui situs gramedia.com.
3. Toko Buku Gramedia menerapkan strategi yang baik dalam
mempertahankan bisnisnya, seperti jaringan yang luas, tempat yang luas dan
nyaman, kualitas buku yang baik dan
Referensi
Buku :
Sampurno, 2010. Manajemen Stratejik:
Menciptakan Keunggulan Bersaing
Yang
Berkelanjutan. Yogyakarta : GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.
Website :
Anonim1.2005.Mission and Vision.http://www.gramediabooks.com/vision.htm
Anonim2.2011.Gramedia(TokoBuku).http://id.wikipedia.org/wiki/Toko_Buku_Gramedia
Anonim3.2011.Kompas Gramedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar