Rabu, 11 Juli 2012

Perspektif ManStra


PENDEKATAN DAN PERSPEKTIF   MANAJEMEN STRATEJIK PADA TOKO BUKU GRAMEDIA

Pendahuluan

1.1. Latar Belakang
Dunia usaha di era globalisasi berkembang dengan sangat pesat, setiap perusahaan saling berkompetisi untuk menjadi perusahaan yang terbaik diantara perusahaan yang lain. Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendukung kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Dari teknologi yang ada, setiap perusahaan dapat melakukan banyak hal untuk memajukan pemasaran produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Pemasaran pada saat ini tidak hanya mengedepankan hasil produk yang baik, tetapi juga harga yang terjangkau oleh konsumen dan cara penyampaian pemasaran produk yang baik dan juga cepat, sehingga pihak konsumen dapat memiliki produk yang terkini.
Tak bisa dipungkiri bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku yaitu dengan mendirikan anak perusahaan yaitu PT. Gramedia Asri Media yang berorientasi pada pemasaran produk berupa buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang ada.
Dalam kasus ini, kelompok ini mengambil studi kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk dianalisis bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya.

1.2. Perumusan Masalah
Pendekatan dan perspektif manajemen strategis apakah yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia?

Gambaran Umum Perusahaan

2.1. Profil Perusahaan
PT Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kelompok Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia.
Toko Buku Gramedia didirikan pada tanggal 02 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri KKG, dengan misi turut serta menyebarkan produk pendidikan dan informasi, demi tercapainya cita-cita bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masyarakat baru Indonesia yang berkehidupan Pancasila.
Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Toko Buku Gramedia sampai tahun 2002 telah tumbuh dan berkembang menjadi 50 toko, yang tersebar dibeberapa kota utama di Indonesia.Mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi, Toko Buku Gramedia membentuk 'Gramedia Online'. Selain menyediakan buku, toko-toko Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga, dan lain-lain.
Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam maupun luar negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Gramedia Majalah, sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison Wesley, dan lain-lain.

2.2. Ragam Produk dan Dukungan Pemasok
Semula pada saat berdiri Toko Buku Gramedia hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam produknya sudah semakin berkembang, antara lain: stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, dan berbagai produk lain.
Pemasaran produk tersebut, didukung ratusan penerbit dan pemasok dalam dan luar negeri, termasuk didalamnya beberapa penerbit intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Gramedia Majalah.

2.3. Departemen Impor
Departemen Impor bertugas khusus untuk mengelola dan mengembangkan jalinan kerja sama dengan penerbit luar negeri yang kini berjumlah lebih dari 250 penerbit. Penerbit luar negeri yang aktif menjalin kerja sama:
·      Amerika  Serikat:  Simon  &  Schuster,  Prentice  Hall,  McGraw  Hill,  Maxwell Macmillan, Addison Wesley, John Wiley, Harper Collins, Bantam, Random House, Baker & Taylor, dan lain-lain.
·        Eropa: Penguin, Cambridge, Oxford, Elsevier, Grossohaus, Hachette, Longman, MacMillan UK, dan lain-lain.
·         Asia: Kondasha, Japan Publication, Toppan, Canfonian, Asiapac, UBSPD, S. Chand, S.S. Mubaruk, Pan Pacific, Mighty Mind, Federal Publication, dan lain-lain. 

Identifikasi dan Pembahasan

3.1.1.  Industrial Organization Theory
Berdasarkan Teori bahwa perpektif I/O didasari 4 asumsi
1.  Lingkungan External
Jaringan  Toko  Buku  Gramedia  hanya  menjangkau  kota-kota  besar,  belum menjangkau kota kota kecil. Harga buku impor tergantung kurs dolar.
2.  Kompetisi dalam industri yang sama
Harga buku relatif mahal dibandingkan dengan toko buku diskon misalnya Togamas.
3.  Sumber Daya
Toko Buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman.
4.  Decision Maker
Hanya menjual buku dengan merek ternama dan terbitan tahun yang terbaru

3.1.2.  Resource Based View
1.  Kapital Fisik
·                Menjual barang-barang selain buku.
·                Memiliki koleksi buku yang lengkap.
·                Memiliki toko yang luas dan  nyaman  dan  bekerja  sama  dengan  pusat perbelanjaan.
·                Memiliki fasilitas pemesanan buku secara online.
2.  Kapital SDM
·                Pelayanan yang ramah dari karyawanan.
·                Pelayanan pemesanan dan pengiriman buku lebih cepat.
3.   Kapital Organisasi
·                Memiliki struktur organisasi yang terstruktur dan sistematis.
·                Mengelola dan mengembangkan jalinan kerja sama dengan penerbit  dalam dan luar negeri.
·                Memiliki beberapa anak perusahaan.

3.1.3.  Dynamic Capabilities View
1.   Toko  Buku  Gramedia  membangun  jaringan  toko  buku  di  kota-kota  kecil diseluruh Indonesia untuk menjangkau seluruh masyarakat.
2.      Lebih banyak menawarkan diskon dan “Happy Hour” untuk meningkatkan omset penjualan.
3.      Meningkatkan kualitas pelayanan dengan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen.
4.  Lebih banyak menyediakan buku-buku dari penerbit dalam negeri agar lebih           meningkatkan kegemaran menulis dan membaca pada masyarkat.
5.      Menyediakan tempat baca yang aman.
6.      Mengadakan event book fair secara berkala.
7.  Mengembangkan bisnisnya dengan menjual barang elektronik, komputer, laptop, dan sebagainya.
8.     Meningkatkan pelayanan pemesanan buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah kecil di Indonesia.

Kesimpulan
Berdasarkan identifikasi 3 teori diatas maka, kami dapat menyimpulkan bahwa :
1.   PT Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kelompok Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota
2.     Toko Buku Gramedia merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Untuk dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia, Toko Buku Gramedia menyediakan fasilitas pembelian buku secara online melaui situs gramedia.com.
3.   Toko Buku Gramedia menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya, seperti jaringan yang luas, tempat yang luas dan nyaman, kualitas buku yang baik dan

Referensi
Buku :
Sampurno, 2010.  Manajemen  Stratejik:  Menciptakan  Keunggulan  Bersaing  Yang
Berkelanjutan. Yogyakarta : GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Website :
Anonim1.2005.Mission and Vision.http://www.gramediabooks.com/vision.htm
Anonim2.2011.Gramedia(TokoBuku).http://id.wikipedia.org/wiki/Toko_Buku_Gramedia Anonim3.2011.Kompas Gramedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar