Tips
Memilih Oli dan Perawatan
Khusus Mesin Motor 4 Tak
Tips
Memilih Oli
Fungsi
oli seringkali hanya dianggap sebagai pelumas mesin padahal oli juga memiliki
fungsi lain yang tidak kalah penting, seperti sebagai pendingin, pelindung dari
karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin.
Sebagai
pelumas, oli membuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih halus dan
memudahkan mesin mencapai suhu kerja yang ideal. Oli juga bertindak sebagai
fluida yang memindahkan panas ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih
dingin.
Melihat
fungsi penting dari oli, maka perlulah kita mengetahui bagaimana cara memilih
oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kita agar mesin sepeda motor bekerja
secara optimal dan lebih awet tentunya.
Memilih
Oli untuk motor kita tidaklah sulit, perhatikan langkah – langkah berikut ini:
Pertama,
kenali dulu bahan dasarnya, ada 3 jenis oli dilihat dari bahan dasarnya yaitu:
1.Mineral
2.Synthetic
blend (Semi Sintetik)
3.Full
Synthetic
Secara
kasat mata sulit untuk membedakannya namun yang pasti tiap jenis memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing oli mineral lebih tahan terhadap
penguapan namun viskositas (kekentalannya) mudah berubah karena tidak tahan
suhu tinggi dan kondisi ekstrim sedangkan oli sintetik lebih mudah menguap tapi
viskositasnya lebih stabil dan tahan dalam kondisi ekstrim panas maupun dingin.
Oli
mineral cocok untuk motor keluaran tahun lama karena clearance atau celah-celah
mesinnya lebih renggang, lain halnya dengan oli semi sintetik yang lebih cocok
untuk motor-motor keluaran tahun terbaru, sedangkan oli full sintetik lebih
cocok pada motor high performance, multi silinder, multi klep dan berkompresi
tinggi atau motor yang digunakan untuk keperluan kompetisi (balap), sebenarnya
motor harian tidak haram menggunakan oli full sintetik hanya saja akan menjadi
mubazir karena dari segi ekonomis oli yang benar-benar full sintetik harga per
liternya bisa bikin nangis mewek mencapai 100 sd 150rb bahkan lebih, mending
beli bensin dapet berliter-liter he..he.. bisa jalan sampe jauuuuuhhhhh……
Kedua,
kenali kode – kode dan sertifikasi pada kemasan Oli.
Kalau
kita baca dan perhatikan pada kemasan Oli ada tulisan kode huruf dan angka
misalnya seperti ini : (10W-40 API service SL / JASO MA2). Kalau brader baca
tulisan tersebut gak usah bingung apa maksudnya, kode – kode tersebut merupakan
“sertifikat” dan keterangan yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli
tersebut, Sertifikat terhadap kualitas oli secara internasional beragam, namun
yang umumnya sering dipakai sebagai standar oli di dunia adalah API dan JASO.
Lalu apakah API dan JASO itu?
API
yang ini bukan buat masak locah melainkan American Petroleum Institute, adalah
lembaga yang mengetes dan memeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara
eropa dan amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh
merek oli.
API
Service biasanya menggunakan inisial S = untuk bensin dan C = untuk solar.
Adapun huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan (grade) dari oli
tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL (bensin) CA, CB, CF,
CH, CH4 (solar).
Semakin
jauh abjad yang mengikutinya, semakin bagus kualitas oli tersebut dan telah
memenuhi syarat oli sebelumnya. Dengan kata lain kendaraan yang dianjurkan
menggunakan oli dengan grade SH dapat menggunakan oli grade SL. Tetapi tidak
sebaliknya karena akan ada efek samping seperti mudah oli menguap, terlalu
cepat minta diganti, mudah berubah warna dll. Berikut grade yang ada di pasaran
(untuk bensin):
1.
API Service SL: untuk kendaraan
tahun 2001
2.
API Service SJ: untuk kendaraan
tahun 1996
3.
API Service SH: untuk kendaraan
tahun 1996
4.
API Service SG: untuk kendaraan
tahun 1993
Sedangkan
JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah lembaga di jepang yang
mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya (timbul
pertanyaan kok jepang ngeluarin standar oli sendiri?) itu karena karakteristik
mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda.
Motor-motor buatan jepang umumnya menggunakan kopling basah sedangkan kendaraan
buatan eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli
sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan
kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO.
JASO
MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa oli tersebut sangat cocok untuk motor
berkopling basah (terendam oli) dan umumnya semua motor yang masuk ke indonesia
menganut sistem kopling basah jadi saya sarankan pilih oli HARUS punya
sertifikasi ini, kalau gak ada kode ini mendingan jangan pilih oli tersebut,
karena akan beresiko kanvas kopling motor sobat cepat aus dan selip bahkan
gosong. Sedangkan kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. Yang
paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klo bisa pilih yang kode MA nya paling
tinggi. Khusus untuk motor matic pilih yang ada kode JASO MB karena tipe
mesinnya berbeda.
Terus
kode angkanya (misal 20w-50 atau 10w-40) artinya apa tuh? ini artinya oli
memiliki tingkat viskositas atau kekentalan dengan indeks (10) pada keadaan dingin
(Winter) dan akan berubah menjadi kekentalan dengan indeks (40) pada suhu 100
derajat celcius.
Pertanyaan
sebenarnya boleh gak sich pake oli mobil di motor kita?
Jawabannya
bukan tidak boleh, hanya saja tidak direkomendasikan, alasannya bahan yang digunakan
untuk membuat oli motor dan mobil jauh berbeda, oli mobil lazim dilengkapi
bahan yang masuk kategori friction modifier. Maksudnya, sejenis aditif yang
bikin pelumasan makin lama makin licin Untuk kebutuhan hindari gesekan material
dalam mesin, memang bahan itu memberi efek bagus. Meski memakai oli yg termasuk
katagori encer, tapi tidak khawatir gesekannya akan merusak material. Tapi
ingat! Oli tersebut tidak cocok untuk motor dengan kopling basah. Soalnya akan
terjadi slip kopling, kanvas kopling gampang aus atau bahkan gosong. Itu
sebabnya oli mobil tidak direkomendasikan untuk motor.
Bagaimana
dengan motor matic bisakah pakai oli mobil? Kan sistem transmisinya terpisah
dari mesin tuch. Jawabannya sama yaitu tidak direkomendasikan, alasannya meskipun
mesinnya mirip-mirip dengan mobil tapi faktanya mesin motor baik itu matic atau
motor apapun lebih stress daripada mesin mobil, bisa dilihat dari RPM nya.
Putaran mesin motor bisa sampai 9000 RPM (belum red line) bahakan lebih,
sedangkan mobil pada umumnya hanya 6000 RPM (lebih dari itu masuk red line),
sehingga motor lebih memerlukan oli yang tahan banting dan tahan stress karena
melumasi tiga bagian penting yaitu mesin ( piston, klep, kem, kruk as brikut
teman2 nya), kopling, dan gearbox. Jika dipaksakan pake oli mobil yang hanya
diformulasikan untuk mesin saja dikhawatirkan olinya lebih cepat minta ganti,
performanya cepat menurun lalu kekentalannya mudah berubah sehingga tidak mampu
bekerja maksimal melindungi mesin, ujung – ujungnya bisa merusak mesin.
Untuk
membedakan mana oli buat motor dan mana yang buat mobil sebenarnya mudah, bisa
dilihat dari kemasannya. dan biasanya ada tulisan 4T atau kalau gak ada tanda
tersebut cukup baca kodenya saja kalau ada kode JASO MA itu tandanya untuk
motor kopling basah, kalau JASO MB untuk motor matic.
Jadi
dari penjabaran diatas rasanya kita para biker jangan lagi salah dan bingung
memilih oli untuk motor kesayangannya, walaupun sebenarnya oli yang paling aman
untuk motor kita adalah oli rekomendasi pabrikan namun kita sebagai konsumenlah
yang memiliki hak dalam memilih oli apa yang digunakan untuk motornya.
Perawatan Khusus Mesin Motor 4 Tak
Ada
berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus Anda lakukan secara
berkala, diantaranya adalah:
1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Busi
sangat vital bagi kelancaran mesin motor, Cek businya, seandainya masih layak
pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km,
sebaiknya businya di ganti. Perhatikan pula keadaan kabel koil yang
menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur, terlihat ada
retakkan dan pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti.
2. Cek Filter Karburator
Filter
karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah,
dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Umumnya
motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan model filter basah seperti ini.
Sedang
motor keluaran tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara
perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Tapi model
ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai 25 ribu km dan
tidak boleh terkena oli atau minyak. Filter oli pun harus diperhatikan, “Motor
tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000
ke atas, menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu
km.”
3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan
biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, “Bila rantainya kendor,
cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain
lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35
ribu km.”
Jangan
lupa memeriksa kondisi gir. “Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau tidak
rantai dapat putus secara tiba-tiba. Khusus motor jenis Matic yang menggunakan
V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila
rantai dan gir sudah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang,
ganti bila sudah terlihat menipis.
4. Membersihkan Karburator
Bersihkan
bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan
tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan
arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Untuk
tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan
membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe
ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam. Untuk penyetelan klep
motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.
5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor
buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak
memerlukan perawatan khusus (non maintenance), tapi setiap tiga tahun, maksimal,
wajib di ganti. Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap
10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi.
Ciri-ciri
aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Tidak
disarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat
merusak gigi transmisi.
6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan
mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja.
Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang
bergerak. “Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa
knalpot menguning.”
7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski
suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih
tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.
Selain
beberapa hal di atas, untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda. “Tekanannya
jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang ban
motor menjadi rusak.”
Perawatan
di atas sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri, namun bila tak punya waktu atau
kurang mengerti caranya, carilah bengkel tempat servis langganan atau yang
dapat Anda percayai. Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan, maka
motor kesayangan Anda pun akan selalu tampil prima. (TIS)
Diambil:dari berbagai sumber
Diambil:dari berbagai sumber
Penjelasan Tips Memilih Oli dan Perawatan Khusus Mesin Motor 4 Tak lengkap banget,
BalasHapusOli Motor Terbaik – Total Hi-Perf
"Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan slot online disini tempat terbaiknya
BalasHapusKERIS2 = keris2.com
Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, slot dan casino online pilihan kamu sekarang!
- Cashback Togel 5%
- Cashback Casino Up 10%
- Cashback Slot 5%
Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
- Rollingan Casino 0.7%
- Rollingan Slot 0.7%
Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
- Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
- Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
- Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000
Semua game ada disini :
Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen Slot, Agen Slot Online, Agen Slot Terpercaya, Agen Slot Aman,
Bandar Slot, Bandar Slot Aman, Bandar Slot Terpercaya, Bandar Slot Online, Situs Slot, Situs Slot Online,
Situs Slot Terpercaya, Situs Slot Aman, Situs Slot Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
Bandar Casino, Slot Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.
Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"